Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Varian COVID Yang Menyebar Cepat Dapat Menghindari Respons Imun

Varian COVID Yang Menyebar Cepat Dapat Menghindari Respons Imun


Bukti bahwa varian virus corona yang diidentifikasi di Afrika Selatan dapat membahayakan kekebalan, hal itu akan memicu kekhawatiran tentang keefektifan vaksin.

Bukti semakin berkembang bahwa beberapa varian virus corona dapat menghindari respons imun yang dipicu oleh vaksin dan infeksi sebelumnya. Para peneliti mencoba memahami tsunami dari studi laboratorium yang dirilis minggu ini yang meningkatkan kekhawatiran tentang beberapa varian dan mutasi yang muncul.

''Beberapa data yang saya lihat dalam 48 jam terakhir benar-benar membuat saya takut,'' kata Daniel Altmann, ahli imunologi dari Imperial College London, yang khawatir bahwa beberapa hasilnya dapat menandakan penurunan efektivitas vaksin COVID-19.

Tapi gambarannya suram, Altmann dan ilmuwan lain telah menekankan. Studi yang memeriksa darah dari sejumlah kecil orang yang telah pulih dari COVID-19 atau menerima vaksin hanya menyelidiki kapasitas antibodi mereka untuk 'menetralkan' varian dalam tes laboratorium, dan bukan efek yang lebih luas dari komponen lain dari kekebalan mereka. 

Studi juga tidak menunjukkan apakah perubahan dalam aktivitas antibodi membuat perbedaan pada keefektifan vaksin di dunia nyata atau kemungkinan terjadi infeksi ulang. ''Apakah perubahan ini akan menjadi penting? Saya benar-benar tidak tahu, ''kata Paul Bieniasz, ahli virologi dari Universitas Rockefeller di New York City, yang ikut memimpin salah satu penelitian.

Silsilah yang menyebar dengan cepat

Sebagian besar perhatian berpusat pada varian yang diidentifikasi oleh para peneliti di Afrika Selatan pada akhir tahun 2020. Sebuah tim yang dipimpin oleh Tulio de Oliveira, seorang ahli bioinformatika di Universitas KwaZulu-Natal di Durban, Afrika Selatan telah mengaitkan bahwa varian tersebut disebut 501Y.V2 hingga epidemi yang tumbuh cepat di provinsi Eastern Cape telah menyebar ke seluruh Afrika Selatan dan hingga ke negara lain. 

Garis keturunan membawa banyak mutasi pada protein lonjakan SARS-CoV-2 yaitu target utama sistem kekebalan, yang memungkinkan virus untuk mengidentifikasi dan menginfeksi sel inang  termasuk beberapa perubahan yang terkait dengan aktivitas antibodi yang melemah terhadap virus.

Eastern Cape terpukul parah oleh gelombang COVID-19 pertama Afrika Selatan, dan para peneliti bertanya-tanya apakah penyebaran cepat 501Y.V2 sebagian dapat dijelaskan oleh kemampuannya untuk menghindari respons kekebalan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Untuk menyelidiki hal ini, de Oliveira, ahli virologi Alex Sigal dari Institut Penelitian Kesehatan Afrika di Durban dan rekan lainnya mengisolasi virus 501Y.V2 dari orang yang terinfeksi varian4. Mereka kemudian menguji sampel varian terhadap serum bagian darah yang mengandung antibodi, diambil dari enam orang yang telah pulih dari COVID-19 yang disebabkan oleh versi virus lain. 

Serum pemulihan ini cenderung mengandung antibodi penawar atau penghambat virus yang dapat mencegah infeksi. Para peneliti menemukan bahwa serum penyembuhan jauh lebih buruk dalam menetralkan 501Y.V2 daripada pada varian penetral yang beredar lebih awal pada pandemi. Beberapa plasma orang berkinerja lebih baik terhadap 501Y.V2 daripada plasma orang lain, tetapi dalam semua kasus, daya penetral secara substansial melemah, kata de Oliveira. Ini sangat mengkhawatirkan.

Dalam studi terpisah 5 tim yang dipimpin oleh ahli virologi Penny Moore di Institut Nasional untuk Penyakit Menular dan Universitas Witwatersrand di Johannesburg, Afrika Selatan menyelidiki efek serum penyembuhan pada berbagai kombinasi mutasi lonjakan yang ditemukan pada 501Y.V2. Mereka melakukan ini dengan menggunakan 'pseudovirus' yaitu bentuk modifikasi HIV yang menginfeksi sel menggunakan protein lonjakan SARS-CoV-2.

Varian COVID Yang Menyebar Cepat Dapat Menghindari Respons Imun


Eksperimen ini menunjukkan bahwa 501Y.V2 mengandung mutasi yang menumpulkan efek antibodi penetral yang mengenali dua wilayah utama lonjakan: domain pengikat reseptor dan terminal-N. Pseudovirus dengan paket lengkap mutasi 501Y.V2 sepenuhnya resisten terhadap serum penyembuhan dari 21 dari 44 peserta, dan sebagian resisten terhadap sebagian besar serum orang, tim Moore menemukan.

Sekarang ada bukti beberapa infeksi ulang dengan 501Y.V2 di Afrika Selatan, kata de Oliveira. Tampaknya semakin mungkin bahwa kemampuan varian untuk menyebar di tempat-tempat yang terpukul oleh gelombang COVID-19 sebelumnya didorong oleh sebagian kemampuannya untuk menghindari respons imun yang berkembang sebagai respons terhadap versi virus sebelumnya.

''Menjadi hampir tidak dapat dihindari bahwa itulah yang terjadi,'' kata Bieniasz, mencatat bahwa varian yang diidentifikasi di Brasil dan Inggris membawa beberapa mutasi lonjakan yang sama.

Dampaknya pada kekebalan

Kedua tim Afrika Selatan akan segera menguji varian 501Y.V2 dengan serum dari orang-orang yang berpartisipasi dalam uji coba vaksin COVID-19, dan penelitian serupa sedang dilakukan di laboratorium seluruh dunia. Sebuah tim yang dipimpin bersama oleh Bieniasz menemukan bahwa mutasi pada domain pengikat reseptor 501Y.V2 menyebabkan sedikit penurunan potensi antibodi dari orang-orang yang telah menerima vaksin Pfizer atau Moderna mRNA6. Itu adalah "temuan yang meyakinkan", kata Moore, tetapi penting untuk menguji konsekuensi mutasi lain di 501Y.V2.

Apakah ini dapat mengurangi keefektifan vaksin, hal itu masih belum pasti, kata Volker Thiel, ahli virus RNA di Universitas Bern di Swiss. Sebagian besar vaksin COVID-19 memperoleh antibodi tingkat tinggi yang menargetkan berbagai wilayah protein lonjakan, sehingga beberapa molekul mungkin dapat memblokir varian virus. Dan komponen lain dari respon imun, seperti sel T, mungkin tidak terpengaruh oleh 501Y.V2. ''Meskipun vaksin hanya menargetkan gen spike, mereka tetap harus meningkatkan respons imun yang cukup beragam sehingga varian baru ini harus ditutupi,'' kata Thiel. "Tapi studi eksperimental perlu dilakukan."

Data dari uji kemanjuran yang sedang berlangsung dan peluncuran vaksin nasional harus dapat mengungkap efek varian. Beberapa vaksin masih diujicobakan di Afrika Selatan, dan para peneliti akan mengamati penurunan kemampuan mereka untuk mencegah COVID-19 yang terkait dengan kenaikan 501Y.V2.

Respons antibodi yang dibasahi terhadap varian seperti 501Y.V2 mungkin tidak terlalu menjadi masalah dalam praktiknya, kata Marion Koopmans, ahli virologi dari Erasmus Medical Center di Rotterdam, Belanda. "Anda dapat melihat beberapa perubahan dalam uji lab, yang tidak berpengaruh pada seseorang karena orang tersebut masih memiliki cukup antibodi untuk menetralkan infeksi." Sulit juga untuk menguraikan apakah infeksi ulang disebabkan oleh memudarnya respons imun yang dipicu oleh infeksi pertama, atau karena efek mutasi, tambahnya.

Data yang muncul

Petunjuk juga mulai muncul tentang perilaku varian yang menyebar cepat yang diidentifikasi di United Kingdom, yang dikenal sebagai B.1.1.7. Dalam eksperimen pseudovirus, para peneliti di perusahaan bioteknologi BioNTech di Mainz, Jerman, menemukan bahwa mutasi lonjakan B.1.1.7 memiliki pengaruh kecil pada serum dari 16 orang yang telah menerima vaksin yang dikembangkan perusahaan dengan Pfizer7

Sementara itu, tim yang dipimpin oleh ahli virologi Ravindra Gupta di Universitas Cambridge, Inggris, mengamati serum dari 15 orang yang telah menerima yang pertama dari dua dosis imunisasi yang sama, tim menemukan bahwa serum 10 orang kurang efektif terhadap B.1.1.7 dibandingkan versi lain dari SARS-CoV-2. Perubahan ini seharusnya tidak membuat perbedaan pada keefektifan vaksin sekarang, kata Gupta, tetapi bisa jadi karena tingkat antibodi berkurang seiring waktu.

Apa hasil minggu ini untuk memerangi pandemi masih belum jelas. Merupakan prioritas utama bagi para peneliti untuk menentukan apakah mutasi pada 501Y.V2 bertanggung jawab atas infeksi ulang. Jika ya, kata de Oliveira, "seluruh gagasan tentang kekebalan kawanan akan menjadi mimpi, setidaknya dari infeksi alami".

Post a Comment for "Varian COVID Yang Menyebar Cepat Dapat Menghindari Respons Imun"