Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Penting Agar Tetap Aman Dari Scammers atau Penipu

10 Tips Penting Agar Tetap Aman Dari Scammers atau Penipu


Di entri sebelumnya aku telah menuliskan tentang arti dari SCAMMER, dan pada entri kali ini aku akan menuliskan beberapa tip penting untuk membantu Anda tetap aman dari scammer atau penipu:

1. Hanya Berurusan dengan Entitas Terdaftar 

Selalu berinteraksi dengan individu atau entitas yang terdaftar atau berlisensi saja. Hal ini bisa membantu untuk mengidentifikasi penipu yang sering berpura-pura menjadi sosok yang dapat dipercaya atau berwibawa, misalnya yang mengaku sebagai polisi atau pegawai bank.

2. Ajukan Pertanyaan dan Riset

Jangan ragu untuk meminta informasi lebih lanjut dan melakukan riset atau penelitian menyeluruh terhadap entitas atau individu yang Anda hadapi. Gunakan internet untuk memeriksa ulasan atau mencari kaitan apa pun dengan yang namanya penipuan.

3. Periksa dengan Pihak Berwenang

Sebelum melakukan investasi yang berupa uang atau penyetoran apa pun, verifikasi dulu tentang keabsahan entitas dengan otoritas yang terkait.

4. Lindungi Informasi Pribadi Anda

Berhati-hatilah dalam membagikan informasi pribadi atau keuangan, terutama dalam menanggapi permintaan yang tidak terduga atau mendadak. Organisasi yang sah tidak akan meminta detail sensitif melalui panggilan, email, atau SMS yang tidak diminta. Pelaku penipuan yang berupa scammer biasanya akan beraksi pada waktu tertentu ketika orang sedang sibuk beraktifitas, misalnya pada jam 9 atau 10 pagi.

5. Tahan Tekanan Yang Dilakukan Penipu atau Scammer

Penipu sering kali menekan Anda untuk bertindak cepat dengan cara membentak dan memojokkan. Luangkan waktu Anda untuk berfikir jernih dalam membuat keputusan yang tepat dan jangan menyerah pada urgensi.

6. Metode Pembayaran Tertentu

Berhati-hatilah jika Anda diminta membayar dengan cara tertentu, seperti menggunakan mata uang kripto, transfer bank, atau kartu hadiah. Metode ini biasanya digunakan oleh scammers.

7. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Pastikan semua akun Anda memiliki kata sandi yang kuat dan unik, dan pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi (password manager).

8. Rusaknya Dokumen Pribadi

Buang dokumen pribadi Anda secara aman dengan cara merobeknya untuk mencegah pencurian identitas.

9. Amankan Perangkat atau Gadget, HP Anda

Install perangkat lunak keamanan (security software) di perangkat atau HP Anda dan selalu perbarui atau update terbaru. Gunakan situs web yang resmi dan aman untuk transaksi online dan pantau laporan bank dan kartu kredit Anda secara rutin.

10. Laporkan Penipuan

Jika Anda mencurigai bahwa Anda telah ditipu, segera laporkan ke pihak berwenang setempat atau kepolisian. Hal ini dapat membantu mencegah kerugian selanjudnya, dan membantu untuk melacak para penipu.

Ingat, agar Anda tetap selalu mencari informasi yang valid, dan selalu berwaspada adalah pertahanan terbaik untuk Anda dalam melawan penipuan. Jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu benar. Percayai insting Anda dan jangan takut untuk mengatakan tidak atau meminta lebih banyak waktu agar Anda bisa berfikir jernih dengan menggunakan nalar, ketika menghadapi potensi penipuan atau scammer.

Post a Comment for "10 Tips Penting Agar Tetap Aman Dari Scammers atau Penipu"