Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GOA KISKENDO KULON PROGO

GOA KISKENDO KULON PROGO

GOA KISKENDO KULON PROGO

Untuk teman-teman yang berasal dari Yogyakarta atau Jawa Tengah pasti tahu tentang Goa Kiskendo yang letaknya di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Sebelum Hari Raya Idul Fitri kemarin aku sempat mengunjungi tempat wisata GOA KISKENDO KULON PROGO.


hm GOA KISKENDO


Berdekatan dengan goa kiskendo ada goa yang satunya lagi namanya GOA SEPLAWAN tapi terletak di kawasan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Tapi aku belum sempat kesana juga akhir-akhir ini, goa ini menarik dan cantik juga tentunya dan banyak orang yang berkunjung kesana.


taman goa kiskendo


Setelah aku memasuki pintu gerbang Goa Kiskendo dan menuruni tangga menuju pintu goa aku berjumpa dengan seorang juru kunci goa dan beliau lah yang menjelaskan tentang sejarah goa kiskendo. Menurut beliau/juru kunci goa bahwa Goa Kiskendo ditemukan pada tahun 1825. Juru kunci Goa Kiskendo itu juga menjelaskan tentang apa arti goa kiskendo. Kiskendo mempunyai makna adalah  kikisan kedu dan jogja atau perbatasan kedu dan jogja. Karena letaknya diantara kedu/Jawa tengah dan Jogja, kikisan artinya adalah perbatasan.


naga goa kiskendo


Goa Kiskendo memang termasuk wilayah Kecamatan Girimulyo tapi dalam goa nya sudah termasuk wilayah Jawa Tengah, itulah penjelasan dari bapak juru kunci yang menjelaskan padaku waktu aku berkunjung kesana. Di Goa Kiskendo itu ada 2 goa satu lagi berada di sebelah bawah goa utama yang namanya GOA SUMITRO.


dalam goa depan pintu masuk


Selain sebagai tempat wisata Goa Kiskendo di dalamnya juga merupakan tempat pertapaan untuk mereka yang punya hajat tertentu. Tempat pertapaannya bukan hanya 1 tempat saja tetapi lebih dari 1. Untuk yang punya hajat tersendiri punya tempat pertapaan sendiri di hari-hari tertentu sesuai keinginan masing-masing pertapa.


taman goa kiskendo

Untuk yang ingin memasuki gua itu agar tidak tersesat, juru kunci goa bisa dan bersedia untuk mengantar ke dalam dan menjelaskan sejarah/arti yang terdapat di dalamnya. Setelah masuk ke dalamnya terdapat beberapa cabang jalan, nah kalau tanpa juru kunci tentu saja kurang berani karena takut tersesat.

Pintu Masuk Goa Kiskendo:


masuk goa kiskendo
yuk masuk goa kiskendo

Dari pintu goa masuk sampai ke dalam jalannya sudah bagus dan dipadatkan dengan semen, dibuat tangga juga dan sudah diterangi dengan lampu listrik di setiap penjuru goa. Walau keadaannya/lampunya remang-remang tapi tidak gelap lagi. Tapi untuk yang ingin memasukinya lebih baik sedia lampu senter agar lebih terang dan selamat berjalan saat di dalam karena jalannya ada yang dalam keadaan basah karena kejatuhan air dari atap goa.


pintu gerbang goa kiskendo


Keadaan di dalam goa itu udara terasa lembab dan dingin, tapi memang cantik dan mengagumkan. Subhanallah ciptaan Allah itu memang begitu mengagumkan dan ajaib sekali salah satunya ya terdapat dalan Goa Kiskendo itu, benar-benar cantik dan indah.

Relief Dinding Goa Kiskendo:

relief goa kiskendo
relief goa kiskendo


Percaya atau enggak Goa Kiskendo juga memiliki sejarah di jaman dahulu kala, yaitu cerita Subali Dan Sugriwo yang memperebutkan Putri cantik Dari Poncowati. Semua cerita itu bisa dilihat melalui relief di depan pintu goa yang ada di dinding, relief itu cantik dan artistik banget. Nah apabila anda kesana juru kunci bisa menjelaskan atau menceritakan relief itu.


peta goa kiskendo


Di depan pintu goa juga ada peta tentang jalur yang ada di dalam goa sekalian juga terdapat penjelasan  tentang tempat-tempatnya. Peta itu dibuat oleh Mahasiswa KKN UGM. Seperti yang kita tahu bahwa Mahasiswa-mahasiswa dari University Yogyakarta sering mengadakan KKN di wilayah Kabupaten Kulon Progo di Kecamatan Samigaluh atau Girimulyo, dll. Mereka sangat berperan sekali dalam memajukan desa kami (aku berasal dari Samigaluh).

Dalam Goa Kiskendo:


GOA KISKENDO KULON PROGO



Sekian dulu share aku tentang Goa Kiskendo yang aku juga sudah sharing pics nya disini, cantik dan indah kan? Untuk melestarikan wisata budaya kita apa salahnya kalau teman-teman berkunjung juga ke Wisata Goa Kiskendo Kulon Progo. Dari kota Jogja -+ 1 jam perjalanan dengan kendaraan sudah sampai.

Btw sekalian refresing ke tempat yang adem/dingin karena udara disitu memang dingin. Beda dengan udara di kota Jogja yang panas pada siang hari dan setiap hari libur banyak juga orang yang berkunjung ke Goa Kiskendo.