Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjadi Seorang Penulis

menjadi seorang penulis


Ternyata banyak teman-temanku yang menjadi seorang penulis, apalagi setelah aku melibatkan diri jadi seorang blogger, jadi kenal dengan banyak penulis. Menamakan diri sebagai blogger, iyalah sejak seseorang membuat suatu site/blog maka jadilah dia blogger.

First time aku menjadi blogger aku masih belum tahu aturan nge-blog yang benar bahkan hingga waktu yang lama...until now I still learn hoho.. Istilah-istilah nge-blog seperti SEO friendly itu apa sih? harus memasang meta tag, deskripsi, keyword, dll yang pingin ngerti karena belum mengerti cobalah searching di Google saja.

☞ Guest box atau buku tamu

Tujuan mendirikan blog adalah agar bisa memposting semua tulisanku, dengan menambahkan forum chat box/guest box atau buku tamu, etc. Sebenarnya ada blogger yang suka memasang buku tamu dan ada juga yang tidak suka, itu tergantung selera masing-masing orang.

Guest box bisa juga dibilang sebagai tempat nongkrong, tukar link sehingga bisa mengetahui siapa yang datang di blog kita walau setiap visitors belum tentu akan mengisi buku tamu. Atau apabila tak suka memasang buku tamu cukup hanya membuka ruang komen di bawah artikel saja.

☞ Komentar yang menyinggung perasaan

Di buku tamu atau ruang komen sebenarnya itu sangat bermanfaat yaitu untuk ruang memberikan saran, kritikan atau menanggapi apa yang kita tulis. Kita bisa saling bertukar pikiran juga, bersilaturahmi dan aku sering membaca tentang keluhan seorang blogger karena komen yang tidak enak/menyinggung perasaan.

Sebenarnya kalau ingin mengkritik apa yang ada di blog itu bisa dengan cara yang halus dan bijak, kenapa harus dengan kata-kata yang menyinggung? mungkin kita belum tahu, atau sedang belajar, maka untuk yang sudah senior cukup memberikan saran saja. Itulah tantangan sebagai seorang blogger, kadang ada juga yang bilang semakin dapat kritikan malah dia semakin suka, pasti teman-teman semua pernah punya pengalaman seperti itu.

☞ Menjadi seorang penulis

Blog juga adalah sebagai tempat untuk menuliskan inspirasi yang ada di hati kita, tentang diary, kesenangan disamping mungkin malah menggunakan blog sebagai tempat mencari uang, that's good.

Kalau blog aku ini ya sebagai hobby saja, untuk menuliskan diary ku juga. dan aku sengaja memasang guest box berharap agar aku bisa berhubung dengan pemilik situs/blog yang berkunjung di blog aku ini dan berharap bisa saling kenal, belajar dengan blogger atau pemilik situs yang lain. Juga untuk berkenalan dengan pemilik situs yang lain/penulis yang lain, saling memberi support.

Untuk teman-teman yang belum punya blog dan malah lebih suka menulis di sosmed, apa salahnya kalau menjadi seorang penulis dan membuat sebuah blog.


menjadi seorang penulis

Untuk visitor my blog yang mungkin membaca entri ini, maaf ya kalau mungkin blog ini masih banyak kekurangan, karena sebenarnya aku juga sedang selajar hehehe... sebelumnya aku juga pernak menulis entti tentang pengalamanku menjadi blogger

10 comments for "Menjadi Seorang Penulis"

  1. memang menulis di blog adalah yg paling asyik, karna bisa dilihat jutaan orang, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya, bisa dilihat banyak orang di seluruh dunia :D

      Delete
  2. banyak penulis yang berasal dari nge-blog juga ya.. :)

    ReplyDelete
  3. kalau SEO jangan terlalu dipikirkan :D

    yang penting kan kontennya berkualitas gak copy paste :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh SEO itu art dan unik memang, harus mempraktekkan juga baru kita akan tau hehehe...

      Delete
  4. Be yourself. Itu yg bikin blog lu unik. Itu yg bikin orang pengen baca =)

    ReplyDelete
  5. wah mantap gan..:) tulisan kali ini rapi dan cukup terkonsep..:)

    ReplyDelete
  6. Tulisan bisa bermakna iklan ...
    Tulisan bisa dijadikan modal untuk mendapatkan hasil
    selamat berkarya sobat

    ReplyDelete