Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nafsu Dan Marah

Nafsu dan Marah
Nafsu Dan Marah

Belum lama ini aku dibuat marah oleh teman akrab ku sendiri. Sebenarnya aku sudah agak lama berteman dengan dia. Tapi walau aku sudah lama berteman dengan dia, sampai saat ini aku gak yakin kalau dia itu berteman denganku ikhlas atau tidak, dan dalam bertemanpun aku suka berteman dengan cara yang sehat. 

Tidak peduli dia itu ikhlas apa gak berteman denganku tapi 'aku memang ikhlas berteman dengan dia sejak dulu'  Kemarin aku mengutip kata-kata yang di share temanku di Facebook dan aku sudah minta izin sama dia untuk meng-share disini. Biar aku beri judul saja nafsu dan marah. Berharap semoga kata-kata di bawah ini bisa me-motivasi hidup kita semua dan menjadikan kita seseorang yang selalu bisa mengendalikan perasaan.

Nafsu Amarah itu adalah satu tindakan hati yang menerbitkan suatu perangai yang mengandung sifat-sifat Mazmumah yang terlampau banyak. Amarah adalah martabat nafsu yang paling rendah dan kotor di sisi Allah. Segala yang lahir darinya adalah tindakan kejahatan yang penuh dengan perlakuan mazmumah (kejahatan / keburukan).

Pada tingkat ini hati nurani tidak akan mampu untuk memancarkan sinarnya karena hijab-hijab dosa yang melekat tebal, lapisan lampu makrifat benar-benar terkunci. Dan tidak ada usaha untuk mencari jalan menyucikannya. Karena itulah hatinya terus kotor dan diselimuti oleh berbagai penyakit.
Firman Allah: "Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya" (QS Al-Baqarah: 10) "Sesungguhnya nafsu amarah itu selalu menyuruh manusia berbuat keji (munkar)" (QS Al-Baqarah: 169) "Bahkan manusia itu hendak berbuat maksiat terus menerus" (QS Al-Qiyaamah: 5)
Nafsu dan Marah

Dengan membaca kata-kata di atas aku berdarap semoga teman-teman semua menjadi pribadi yang selalu bisa mengendalikan nafsu amarah dan emosi. Apabila dikecewakan, atau disakiti seseorang siapapun dia sebaiknya tidak usah membalas dengan kata-kata yang kasar penuh emosi. 

Lebih baik membalas dengan kata-kata yang bijak, aku pikir emosi atau kata-kata kasar tidak selalu bisa menyelesaikan masalah. Nafsu dan marah, diantara keduanya lebih baik kita selalu menjadi orang yang selalu bisa mengendalikan diri dari kemarahan, susah? mari kita sama-sama mencobanya.

4 comments for "Nafsu Dan Marah"

  1. kita emang harus selalu bersabar ya sob..
    Allah bersama orang-orang yang sabar..

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. blog cewek kalau gak unyu -agak wagu- hehehe....cuma blog buat hobby hoho...thanks been here ya

      Delete