Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perubahan kehidupan yang lebih baik

Perubahan kehidupan yang lebih baik
Perubahan kehidupan yang lebih baik

Apabila kita berada di pantai pasti akan melihat ombak yang datang silih berganti, seakan-akan tidak pernah berhenti. Seperti juga dalam kehidupan ini setiap waktu dan kejadian terjadi perubahan yang silih berganti dan semoga kita semua akan memperoleh perubahan kehidupan yang lebih baik di tahun yang akan datang 2013 Insya Allah.

Perubahan alam di dunia ini juga terjadi silih berganti tiada henti seperti matahari yang setiap hari terbit dari timur ke barat, hingga berakhirnya alam semesta. Semua perubahan alam dan setiap kejadian yang dialami makhluk di dunia ini hanya Allah swt yang bisa menghentikannya.

Perubahan kehidupan yang lebih baik

Begitu juga kita sebagai manusia akan mengalami perubahan sadar atau tidak, seperti dulu kita ketika masih bayi yang tidak mengerti apapun seperti makan,dll hingga terjadi pertumbuhan dan perkembangan fisik yang terjadi secara dinamis semua terjadi secara bertahap. Kehidupan tetep berjalan terus walau kita mencoba untuk menolak atau melawannya. Kalau kita menolak kehidupan, kejadian itu sama saja menolak takdir Allah swt. Apabila takdir menerpa kita, baik atau buruk kadang kita tidak sanggup/mampu menolaknya.

Jadi kita memang harus berjalan seiring dan sejajar dengan semua perubahan yang terjadi dalam hidup ini baik perubahan alam, perubahan nasib. Aku akan mengambil contoh dan tauladan dari hadis Rasulullah saw yang maksudnya seperti di bawah ini:

''Siapapun yang menyamakan dua harinya
 maka dia adalah orang yang tertipu.
 Jika hari ini lebih baik dari kemarin, maka beruntunglah, 
tatapi jika kemarin lebih baik dari sekarang 
maka mati lebih utama buatnya.'' (HR-Imam Hasan al-Basri)

Kesimpulan atau maksud dari hadis di atas sebenarnya seperti ini:
'Supaya jangan ada dua hari yang sama yang artinya jangan tidak ada peningkatan atau perubahan kehidupan yang lebih baik. Apabila mungkin kemarin kita lupa, khilaf, salah, jangan biarkan kelalaian, kesalahan, kekhilafan yang sama akan terjadi pada hari ini dan selanjudnya.''

Jika hari ini kita gagal, tahun ini kita gagal, semoga kita bisa memastikan bahwa kita tidak akan menempuh kegagalan yang sama. Hari kemarin, tahun kemarin yang penuh luka, duka, bad luck biarkanlah berlalu dan jangan diratapi terus-menerus di hari esok. Pesanku di akhir tahun ini sebagai kata motivasi semoga kita semua akan mencapai perubahan kehidupan yang lebih baik lagi, Amiin 'move on and life should go on' greeting and take care. 

Post a Comment for "Perubahan kehidupan yang lebih baik"