Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghadapi Teman Di Sosmed Yang Menyebalkan

Cara Menghadapi Teman Di Sosmed Yang Menyebalkan


Ini adalah cara aku menghadapi teman di sosial media yang menyebalkan. Menyebalkan dalam arti mengganggu pemandangan. Mengganggu pemandangan karena tidak enak dilihat, sekarang ini sosial media yang aku ikuti memang sudah aku tertibkan yaitu hal-hal yang tidak penting. Sabar juga sikap yang bagus untuk menghadapi teman di sosmed (sosial media) yang menyebalkan, sabar dan jangan dimasukkan ke dalam hati, kalau bisa harus saling mengingatkan.

Sharing tentang hal yang tidak informatif

Dalam bersosial media diperlukan kesadaran diri terutama dalam nge-share di timeline atau stream. Media sosial adalah tempat yang bebas, mau posting atau sharing apapun juga bebas tidak ada larangan. Disini paling susah untuk menghadapi teman yang sharing hal tidak informatif. Namanya sosial media ya memang berguna untuk bersosialisasi, saling menegur dengan santai. Unfollow saja kalau ada user yang seperti itu, atau kalau terlalu sungkan ya tinggalkan media sosial tersebut kalau sekiranya media sosial itu tidak begitu penting atau janganlah sering-sering membuka media sosial tersebut atau alternatif lain yaitu scrol scrol dan skip dan lihat ke sharing-an yang lebih informatif.

Sudah banyak teman FB yang aku UNFOLLOW karena:

Sering membahas politik, juga dihubung-hubungkan dengan agama. Aku bukan ahli politik jadi gak pintar membahas politik, melihatnya juga malas. Aku lihat kadang walau tidak semua, bahwa teman yang suka membahas politik terlihat idealis seakan pendapatnya paling benar sendiri, pokoknya gak bisa disanggah padahal belum tentu mereka tahu tentang kebenarannya. Kita semua punya logika dan hati nurani, jadi bisa membedakan, menilai opini yang masuk akal atau tidak. Urusan pemerintahan, politik biarlah pemimpin yang mengurusnya, malas ikut campur kecuali kalau suara kita, pendapat kita memang masuk akal dan didengarkan. Soal teman yang sering membahas agama, sharing tentang agama itu memang bagus, tapi bagiku hal agama adalah sangat sensitif, lihat dulu wajar, masuk akal atau tidak sharing-sharingnya? kalau sudah keterlaluan sampai sering debat di stream, timeline solusinya ya unfollow saja.

Teman yang gampang termakan opini media

Fungsi media adalah sebagai alat pemberi informasi, dan dalam menilai berita di media kita seharusnya jeli. Ada berita media yang kadang valid benar dan sebaliknya ada yang punya niat lain misalnya berita media yang penuh provokasi dengan niat yang tidak baik karena kepentingan tertentu. Pintar-pintarlah kita menilai opini berita di media, cari kebenarannya misalnya dengan mencari info di media lain dan bandingkan. Tapi di jaman sekarang susah juga kita mencari berita media yang benar-benar valid, berita yang tidak benar juga kalau ditanggapi bisa menimbulkan fitnah dan salah faham. Kalau kita bertemu dengan teman seperti ini, andai Anda tahu tentang informasi yang lebih valid, ya jelaskan saja dengan kata-kata yang masuk akal, kalau malas menjelaskan atau memang kita tidak tahu dengan jelas, cukup bilang, ah aku gak tau dan malas ikut campur karena itu bukan urusanku, beres.
Cara Menghadapi Teman Di Sosmed Yang Menyebalkan
Tukang spam atau spaming, spamer

Spam biasanya berisi gambar, video porno atau yang mengandung SARA (suku, ras, agama dan antar golongan), karena sara juga merupakan hal yang sensitif. Negara kita atau bahkan dunia ini terdapat berbagai macam agama, kepercayaan, adat, golongan, warna kulit, dengan berbagai macam perbedaan, jadi harusnya kita saling toleransi, saling menghormati dan jangan posting hal yang menyinggung SARA, sampai menyinggung perasaan orang lain. Kalau di stream timeline kita ada friendlist yang sering share tentang gambar yang gak sopan, video gak sopan, atau share posting berurutan yang berupa gambar, link live, artikel, video,  sekali share misalnya 5-keatas berurut-urut hal itu pasti mengganggu pemandangan dan menyebalkan walau sebenarnya informatif.

Ada juga yang sering membahas ucapan selamat hari valentine, ucapan selamat hari raya kepada Umat Agama yang berbeda, sampai terjadi perdebatan, lebih baik jangan ikut melibatkan diri ke dalamnya, toleransi. Solusinya, ingatkan kalau berani, kalau memang perlu, dengan kata-kata yang bijak dan masuk akal, tapi kalau diingatkan mungkin dia akan tersinggung karena memang dia belum punya kesadaran bahwa itu adalah spam. Definisi spam adalah, memberikan sesuatu yang tidak diperlukan orang lain, OOT (out of topic) atau menyampah, sampah. Menghadapi teman yang menyebalkan kalau di FB bisa kita unfollow, kalau menghingdari auto tag kita bisa seting notifikasi, kalau di twitter kita bisa mute kalau sudah keterlaluan ya block atau blokir saja.

Bersosialisasi itu penting selain di dunia kehidupan real juga bisa dilakukan di SOSMED atau sosial media. Di sosial media kita juga pasti akan menemukan, kenal banyak orang yang punya berbagai macam karakter. Kita dalam bersosialisasi juga harus mau menerima kritik, kritik memang selalunya terasa pedas pada awalnya tapi di kemudian hari kalau kritik itu membangun pasti kita bisa sadar, karena aku sendiri juga mengalaminya, dengan kritikan aku menjadi sedikit bahkan banyak kamajuan. Dalam bersosial media kita juga harus saling memberi rasa nyaman, belajar disiplin dan pengendalian diri. Ada tambahan atau saran? Silahkan.

3 comments for "Cara Menghadapi Teman Di Sosmed Yang Menyebalkan"

  1. Saya tidak permah Mengumbar kebencian terhadap seseorang di sosial media. Walaupun orang itu memang bener bener menyebalkan. Biarlah dia saja yang tau kalau saya tidak suka akan attitude nya yang menyebalkan itu. Tidak perlu orang lain di sosial media tau kalau saya tidak simpati pada orang itu. Saya tidak mau orang ikut hanyut karena saya dan ikut ikutan membenci dia

    ReplyDelete
  2. Yup, jangan sampai membenci, ambil sisi positifnya saja 😆

    ReplyDelete
  3. suka nggak suka sama yang dia tulis di sosmed itu selera, jangan2 kita di unfollow juga karna ga nulis apa2, dikiranya akun palsu, hahaha.
    nice post alice

    ReplyDelete