BREAKING NEWS :
Loading...

Beberapa Gejala Awal Kanker Ovarium Yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Beberapa Gejala Awal Kanker Ovarium Yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Saat ini kanker adalah penyebab utama kematian hampir semua negara di dunia yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan penyakit lainnya.

APA KANKER OVARIUM ITU?

Kanker ovarium berkembang ketika sel-sel ovarium membentuk tumor yang menjadi ganas. Ini sering disebut sebagai pembunuh secara diam-diam (the silent killer) karena menunjukkan sedikit atau tanpa gejala, yang cukup sulit dideteksi dengan penyaringan.

Walaupun paling umum terjadi pada wanita pasca-menopause, baru-baru ini juga mulai mempengaruhi wanita yang lebih muda di usia 30-40-an. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, deteksi dini kanker bisa meningkatkan peluang untuk bertahan hidup, jadi kita harus check-in secara teratur.

Sayangnya, saat ini belum ada tes yang dapat diandalkan. Tes darah CA125 dapat memberikan hasil negatif palsu sementara tes tersebut tidak mampu mengambil sel-sel ganas.

Namun, masih ada masalah lain. Banyak gejala sering keliru untuk mereka yang berhubungan dengan penyakit lain, seperti sindrom iritasi usus. Akibatnya, tumor didiagnosis pada stadium 3, ketika sudah terlambat.

BEBERAPA GEJALA YANG MUNGKIN MENJADI TANDA KANKER OVARIUM

PERUT SERING KEMBUNG

Perut konsisten dan sering kembung, yang berlangsung selama lebih dari tiga minggu, sering menunjukkan pertumbuhan tumor kanker.

RASA SAKIT DAN PELVIK YANG RENDAH

Meskipun kram menstruasi dan nyeri selama haid adalah normal, tapi nyeri konsisten yang berlangsung selama lebih dari tiga minggu dapat menjadi tanda kanker ovarium.

Wanita pra-menopause harus sangat berhati-hati, karena gejala-gejala ini sering dengan mudah hilang pada nyeri haid.

CEPAT KENYANG KETIKA MAKAN

Penurunan nafsu makan yang muncul tiba-tiba dan berlangsung selama lebih dari tiga minggu bisa menjadi tanda berbagai penyakit, di antaranya masalah perut, usus, dan usus adalah yang paling umum.

Namun, itu bisa menjadi tanda kanker juga, jadi pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter.

KEBUTUHAN URINASI YANG MENINGKAT

Jika Anda lebih sering mengunjungi toilet (kencing) daripada sebelumnya, tanpa ada perubahan pada asupan cairan, sangat mungkin Anda memiliki kanker ovarium tahap awal.

Tanda lain yang menunjukkan kanker ovarium adalah keinginan mendesak untuk buang air kecil dan ketidakmampuan untuk menahannya.

Subscribe to receive free email updates: