BREAKING NEWS :
Loading...

Apakah Orang Baik Selalu Dimanfaatkan Oleh Orang Lain?

Apakah Orang Baik Selalu Dimanfaatkan Oleh Orang Lain?

Apakah Orang Baik Selalu Dimanfaatkan Oleh Orang Lain? adalah judul pada entri yang aku tuliskan malam ini (malam Jum'at tidak bisa tidur dan lap top jujugannya). Siapa sebenarnya yang bisa meng-claim tentang sifat baik dan buruknya manusia? Sifat baik dan buruk akan terlihat nyata pada kelakuan dan tindakan manusia. 

Kelakuan baik atau buruk dilakukan manusia ikhlas atau tidak kadang orang bisa menilainya atau itu hanya diketahui oleh hati sendiri dan Allah. Aku sendiri punya prinsip: kalau aku tidak akan memberi, tidak akan berbuat baik, tidak akan beramal kecuali dengan hati yang tulus, ikhlas Lillahi Ta'ala. 

Karena segala yang bersifat keduniaan apapun bentuknya tidak akan kekal, tapi amal kebaikan yang kita lakukan dengan ikhlas adalah kekal, sebagai bekal untuk mati untuk kehidupan di akhirat (sesuai dengan ajaran agama yang aku anut). Setiap orang punya niat tersendiri dalam melakukan sesuatu, misalnya ingin terlihat baik di depan manusia, itu tidak menjadi masalah selagi bisa menginspirasi orang lain.

Kembali kepada tema judul entri ini bahwa yang terlihat nyata olehku atau oleh Anda, orang lain bahwa orang baik kadang dimanfaatkan oleh orang lain. Baru saja teman baikku, teman akrabku juga mengalaminya, dia menceritakannya padaku bahwa dia telah menolong dengan kebaikan-kebaikan terhadap seseorang tapi balasannya menyakitkan, sampai temanku menitiskan air mata sebagai tanda kekesalan.

Solusi terbaik yang dia lakukan adalah menerima atau dalam bahasa Jawa mung iso nrimo, untuk menjaga perasaan semuanya agar tidak ada yang terluka. Sempat dia berfikir untuk membawa masalahnya ke jalur hukum tapi dia berfikir dua kali, karena itu bukan jalan yang terbaik. Artinya temanku hanya pasrah, menerima atau nrimo dengan meminjam tangan Allah biar Dia yang berperan tanpa dendam.

Nasib manusia, yang banyak dialami oleh manusia bahwa kadang kita sudah hati-hati tapi masih saja kesandung, terjatuh, niat yang baik dibalas dengan sesuatu yang tidak berkenan di hati. Itulah beragamnya sifat manusia, setiap manusia mempunyai sifat dan kharakter yang berbeda. Jangan sampai aku berbuat jahat terhadap orang lain, merugikan orang lain apalagi itu dilakukan dengan sengaja, dengan kesadaran.

Tetaplah menjadi orang baik walau tantangan dan cobaannya banyak, begitulah Allah menguji kita. Buat temanku dan juga Anda yang mengalaminya, bersabarlah. 
Memanfaatkan orang lain artinya bahwa mereka hanya mementingkan dirinya sendiri dan itu bertentangan dengan norma-norma agama, juga bertentangan dengan etika kehidupan, jangan sampai kita melakukannya.

Subscribe to receive free email updates: