Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hidup Akan Terasa Indah Apabila Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain

Hidup Akan Terasa Indah Apabila Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain


Kita hidup bermasyarakat, berada di tengah masyarakat jadi harus bersosialitas dengan orang lain karena tidak bisa dipungkiri bahwa kita juga membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendirian. Karena kita harus bertemu berhadapan dengan orang lain, maka kadang kita melihat, mengetahui kejadian, masalah atau urusan yang sedang dihadapi oleh mereka.

Dan itu tergantung kita bagaimana menyingkapinya, menanggapinya. Hanya hati sendiri yang tau dan itu berhubungan dengan karakter setiap orang yang berbeda. Kalau kita terlalu kepo atau ikut campur tentang sesuatu yang dilakukan, dialami oleh orang lain. Aku tidak jauh-jauh pergi, tapi semua ini berhubungan dengan pengalaman hidupku sendiri yang aku lihat dan alami.

Kadang kita peduli dengan orang lain, terhadap suatu kejadian yang berlaku pada orang lain kenalan kita, tapi belum tentu mereka bisa menerima kepedulian kita, bisa jadi mereka malah tersinggung dan bilang bahwa kita kepo atau terlalu mencampuri urusannya. Baik suatu kejadian yang wajar atau tidak wajar. 

Sudah aku katakan bahwa tiap orang punya tanggapan yang berbeda apabila ditegur oleh orang lain hanya karena niatnya ingin peduli. Ada orang yang akan mengucapkan terima kasih apabila ditegur karena kesalahan yang telah dia lakukan, tapi sebaliknya ada orang yang malah tersinggung, lalu marah-marah sambil bilang bahwa mereka kepo atau terlalu mencampuri urusannya.


Hidup Akan Terasa Indah Apabila Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain


Jadi dalam hal ini kita harusnya bagaimana? diam? sebaiknya kita melihat dulu masalahnya. Kalau hal itu berhubungan dengan sesuatu yang merugikan orang banyak, tidak salah kalau kita menegurnya, mengingatkannya. Tapi kalau itu hal yang terlihat pribadi sebaiknya kita diam. Ya sebuah kelakuan. Tiap orang punya karakter berbeda yang tidak mau dicampuri urusannya oleh orang lain.

Di jaman era digital teknologi seperti sekarang ini, dimana kebanyakan orang punya akaun yang namanya FACEBOOK adalah media sosial bebas, kebanyakan orang menyalah gunakan kebebasan tersebut. Sehingga sesuatu kata, kalimat tentang suatu kejadian yang sebenarnya tidak pantas terungkap di medsos tapi terlihat keluar disana, dibaca oleh orang banyak. 

Sesuatu hal yang mendapat tanggapan negatif oleh pembacanya, yang bertema tentang kejadian gara-gara orang lain terlalu mencampuri urusannya, tentu saja akan mengganggu perasaan pelaku-pelakunya. Kebanyakan dari kita semua tau bahwa fungsi sosial media adalah untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat, yang bisa menginpirasi tanpa melanggar kebebasan sosmed tersebut.

Apa yang kita cari dalam hidup ini? disamping hal yang lain, yang paling penting adalah menciptakan perasaan hati yang tenang, ayem tanpa beban, dan itu bisa kita cipta sendiri salah satunya dengan tidak mencampuri urusan (pribadi) orang lain. Dengan menjadi diri sendiri, fokus pada hidup sendiri, suka menolong orang lain dengan niat ibadah, hanya antara diri sendiri dan Allah SWT.

Keseimbangan antara fisik dan mental itu sangat penting sekali, pikiranmu akan mempengaruhi fisikmu. Contoh orang yang suka kepo terlalu mencampuri orang lain, membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain pasti akan terlihat cepat tua 😀. Inilah diriku yang sederhana, apa danya tunjukkan kepada orang lain tanpa mengada-ada hanya sebagai kompensasi yang malah akan membebani diri sendiri.

Hidup ini sebenarnya simple, cuma orang selalu membuatnya ribet. Bisa jadi kehidupan orang jadi kacau hanya karena urusan pribadinya dicampuri oleh orang lain. Dan pada kenyataannya pikiran kita akan menjadi tenang, hidup terasa indah apabila kita tidak mencampuri urusan orang lain, tidak memikirkan urusan orang lain, JUST WASTE apabila kita melakukannya!

Post a Comment for "Hidup Akan Terasa Indah Apabila Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain"