Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Video Inspiratif Anak Kelas 4 SD di HUT Kemerdekaan RI Ke-75


HUT Kemerdekaan RI tahun 2020 Tanggal 17 Agustus bertepatan dengan pandemi Covid-19 dan tidak ada upacara di Sekolah. Setiap rumah penduduk tetap mengibarkan Bendera Indonesia Merah Putih di halaman. Demikian juga dengan anak siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Jarakan, Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo, jogja, dia adalah Afdel Cylviana Agni Pratista.

Via adalah panggilan nama dari orang tuanya yang hidup sederhana di desa. Mata pencaharian orang tuanya petani dan pedagang kecil yang juga memelihara kambing. 



Walaupun Via masih duduk di kelas 4 SD tapi rasa nasionalisme dan patriotismenya sangat tinggi dan suka kalau pelihat pasukan PASKIBRAKA.

Tepatnya beberapa hari sebelum HUT Kemerdekaan RI dia melihat tetangganya yang sudah memasang atau mengibarkan Bendera Merah Putih di halaman depan rumahnya, maka diapun terinspirasi dan terfikir untuk membuat bendera sendiri dengan menjahitnya sepulang dari kebun.

Itu terungkap pada video yang aku share disini. Rasa nasionalisme memang harus diterapkan untuk pelajar dan itu tanggung jawab para guru dalam mengajar anak didiknya. Kita sudah merdeka atau bebas dari penjajah sejak 17 Agustus 1945 berkat jasa para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita, dan wajib untuk meneruskan perjuangannya.

Anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang akan menjadi peminpin bangsa di masa yang akan datang. Jangan mengajarkan anak untuk menjadi kaya tapi ajarkan mereka mandiri dan menggali potensi-potensi yang dia miliki.

Sukses yang sesungguhnya adalah 3 hal berikut: kebutuhan terpenuhi, bebas melakukan hal-hal yang disenangi, berguna untuk orang lain.

Setiap anak punya potensi dan bakat tersendiri yang berbeda. Orang tua punya tanggung jawab untuk mengarahkan, mendidik dalam menggali bakat dan potensi tersebut. Via adalah salah satu generasi penerus Bangsa Indonesia semoga dia akan menjadi anak yang ceria, pintar dan cemerlang dalam menggapai cita-citanya menuju INDONESIA MAJU.

Afdel Cylviana Agni Pratista

Post a Comment for "Video Inspiratif Anak Kelas 4 SD di HUT Kemerdekaan RI Ke-75"