Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan

Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan
Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan
Aku pernah membaca pepatah yang bunyinya mencari seorang sahabat itu lebih baik daripada mencari banyak musuh, kalian semua pasti setuju kan? apa ada yang tidak setuju dengan pepatah itu? Seorang sahabat yang baik akan saling melindungi, saling positif support saling berbagi dalam apapun keadaan senang atau susah. Pasti kalian semua juga mengharapkan/menginginkan mempunyai sahabat yang baik. Di bawah ini aku ingin menulis hal-hal yang penting dalam suatu persahabatan yang harus diperhatikan :

Keikhlasan
Persahabatan apabila tidak dilandasi dengan keikhlasan pasti akan menimbulkan permusuhan, pilihlah sahabat dilandasi budi pekerti nya, karakternya, dan tanggung jawabnya juga. Sifat rasa prihatin yang dia punya juga, bukan hanya melihat paras misalnya, atau karena dia kaya misalnya. Satu hal lagi yang penting, persahabatan yang dilandasi dengan keikhlasan pasti akan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah.

Keberanian
Kok keberanian sih ya, agak janggal kan kata ini? hehehe maksudnya begini, dalam persahabatan harus berani mengatakan kata-kata yang benar. Misalnya hal-hal yang bisa menyakiti hati, apabila melakukan kesalahan, bilang saja katakan terus terang. Berani menasehati, saling mengingatkan, saling menegur apabila berbuat salah.

Kasih Sayang
Kasih sayang boleh mendekati mencintai juga, maksudnya bukan identik dengan mencintai pacar lho hehe...setelah kita mencintai sahabat baru kita akan bisa mencurahkan kasih sayang. Kasih sayang terhadap sahabat bukan harus selalu diungkapkan, ditunjukkan tapi bisa juga dilakukan dengan mendoakan hal-hal yang baik, peace.

Kejujuran
Inilah dia kejujuran, kadang persahabatan itu ada yang tak jujur, aku sendiri selalu mengalaminya. Sahabatku sendiri kadang menyembunyikan sesuatu, dia bilang begini tapi di kenyataan tidak sama, dan dengan tak sengaja aku melihatnya xP. Kenapa sih harus bohong, itu hanya akan membuat persahabatan jadi renggang, karena aku juga tidak suka karakter seperti itu, jujur saja kenapa sih? Andai ada hal yang perlu dirahasiakan itu kita harus faham juga, dan sebaliknya.

Kesetiaan
Bukan hanya dengan pacar saja kita harus setia, kesetiaan terhadap sahabat bisa memper-erat hubungan, walau hubungan jarak jauh dan tidak pernah ketemu. Apakah kalian sudah setia kepada sahabat? Apabila kalian setia terhadap sahabat, kita pasti akan selalu ingat pengorbanan yang pernah diberikan, atau pengorbanan yang pernah kita curahkan. Itu karena kalian setia dan berbagi dalam suka atau duka.

Susah Dan Senang
Susah dan senang maksudnya, saat sahabat susah tetaplah selalu di sisinya, kalau jauh tetaplah berbagi juga. Kepedulian seperti itu pasti bisa meringankan kesedihan yang sedang dialami, bisa meringankan beban yang sedang dialami juga. Apabila sahabat sedang senang/gembira kita harus berbagi juga, apabila sahabat sedang senang ikutlah tersenyum tunjukkan dalam sikap juga, jangan malah sebaliknya.

Keserasian
Pasti dalam persahabatan dibutuhkan keserasian, saling menyesuaikan diri, belajarlah kalau beda prinsip, agar menjadi serasi, apa salahnya dicoba serasi kalau itu hal positif, pasti itu bisa saling menguntungkan. Dengan keserasian, yang kadang kita harus menciptakannya terhadap sahabat, pasti persahabatan akan menjadi mudah dan lancar. Dengan keserasian pasti akan menghindari kesalah-fahaman juga.

Memaafkan
Sahabat yang baik, adalah yang bisa saling memaafkan. Memaafkan juga salah satu etika yang diperlukan dalam persahabatan. Andai sahabat kamu melakukan kesalahan, maafkanlah dia dan sebaliknya. Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan.

20 comments for "Hal-hal Yang Penting Dalam Persahabatan"

  1. kalo bisa diterapkan persahabatan bakalan lama hingga tua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. persahabatan yang kekal sampai tua,itu yang diharapkan memang lah yaa....xD

      Delete
  2. yang jadi garis besar buat gua adalah keikhlasan dan memaafkan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa keikhlasan memang persahabatan jarang tahan lama,memaafkan berlaku untuk orang yang berjiwa besar selalunya,thanks xD

      Delete
  3. Sahabat adalah segalanya. Tanpa sahabat tak kan bisa kuberdiri seperti ini. Thanks for share sangat bermanfaat ini.
    zayaps.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul friend, makasih kunjungan dan komennya,i will visit u bacek sure xD

      Delete
    2. Sip deh bos. Makasih atas kunjungan baliknya ya?

      Delete
  4. Menarik sekali kriteria di atas, dan sahabat seperti yang masuk dalam kriteria ini luar biasa, dan berbahagialah bila telah menemukanya. Salam dari Blogger Pontianak. Izin follow ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya berharap kita semua mendapatkan sahabat yang punya kriteria seperti di atas tentu saja dimulai dari diri sendiri yaitu selalu berusaha menjadi sahabat yang baik dan ikhlas,salam blogger juga khususnya untuk blogger pontianak,nanti saya folbek ya,thanks xD

      Delete
  5. Aku mungkin bukan teman yang “sempurna” yg kamu cari, bukan juga yg “terbaik” diantara semuanya, tapi yang pasti aku adalah teman yang selalu ingat sama kamu.. hahayyy..
    Numpang coment ya.. hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...wah mencari teman sempurna itu yang susah,tiap manusia selalu saja punya kekurangan,kewajiban kita hanya saling mengingatkan apabila kita berbuat salah,bener kan...aku selalu ingat teman2 semua karena dari teman2 juga saya belajar dan mendapat inspirasi,makasih atas kunjungan dan komennya xD

      Delete
  6. Sangat bagus dan luar biasa, semoga saja saya bisa menjadi yang demikian ini....
    terima kasih sahabatku.....

    ReplyDelete
  7. sepertinya di kupas tuntas disini.. :)

    ReplyDelete
  8. seringkali kondisi untuk memaafkan dilupakan oleh 2 orang sahabat sehingga menimbulkan jarak diantara keduanya, hanya tulus ikhlas dan kasih sayang yang dapat menyemainya :)

    ReplyDelete
  9. salam silsturrahmi.....satu lagi sob biar sempurna ....bertemanlah karna Allah..pasti indah....salam kenal...bahagia itu indah..

    ReplyDelete
  10. Moga aja para pembaca khususnya saya probadi bisa menerapkan tips ini, shg saya bisa menjadi seorang sahabat yg baik.

    Terima kasih atas share nya :)

    ReplyDelete
  11. good... ijin share
    buat sahabat2 q ^_^

    ReplyDelete
  12. Bg saya selalu kesepian dan seperti terasingkan bg dalam hal pertemanan , saya selalu uamg mencari mereka bukan mereka yang mencari saya, padahal saya berbuat baik selalu ke mereka , mereka hanya mencari saya saat senang2 saja tetapi ketika ada hal2 sedih mereka mencari org lain, bukan saya , kira2 apakah ada solution untuk saya bg? Sedih rasanya hidup saya ini bg

    ReplyDelete