loveheaven07

Sifat Sifat Tercela

Sifat Sifat Tercela


Sifat Sifat Tercela

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah swt, sehat selalu dan untuk yang sedang sakit semoga cepat sembuh Amiin. Sifat-sifat tercela itu pasti banyak banget tapi disini aku ingin menyebutkan dan menjelaskan beberapa saja. Dan tentu saja teman-teman semua menentang sifat-sifat berikut:

Terlalu Mencintai Dunia/Keduniaan

Adalah sifat yang terlalu mementingkan keduniaan pasti sebabnya adalah nafsu dan bisa menyebabkan kejahatan.
Sabda Rasullullah ''cinta dunia bisa mengarah kepada kejahatan (HR.Baihaqi dan Ibn Abi al-Dunya).'' Jadi harusnya bagaimana? Untuk menikmati pangkat, harta atau kepopuleran itu bukan untuk dicintai saja tapi harus dimanfaatkan untuk ibadah, beramal bagi manusia lain tujuannya agar semakin dekat  dengan Allah.swt.
Agar hidup menjadi tenang dan damai keduniaan harusnya dijadikan sebagai alat, bukan dijadikan sebagai tujuan. Kadang orang rela mengorbankan dan menggadaikan persahabatan, persaudaraan hanya demi mencapai/mencari tujuan keduniaan. Jarang ada orang yang iri hati kalau melihat seseorang yang tinggi akhlak dan amal ibadahnya, ini lebih menjurus ke akhirat. Dan malah sebaliknya kebanyakan orang iri kalau melihat orang yang rumahnya bagus, orang yang berpangkat lebih tinggi, orang terkenal dll inilah yang namanya keduniaan.

Sifat Sombong

Tahu tidak orang sombong itu prinsipnya ''ana khairun minhu'' artinya aku lebih baik darinya. Sombong adalah  orang yang selalu merasa dirinya lebih baik, dan akhirnya menghina orang lain dan menentang suatu kebenaran.

Sifat ini terjadi juga kepada zaman Nabi Adam as ''iblis merasa lebih hebat dari Nabi Adam hanya karena diciptakan dari api, dan iblis merasa seharusnya kelebihan yang ada pada diri Nabi Adam diberikan kepadanya tetapi Allah swt memutuskan sebaliknya. Dan itu menimbulkan rasa iri, dengki walau memang iblis tidak mungkin mendapatkan kelebihan dari Allah swt.''

Sifat seperti iblis di atas juga sering terjadi dalam kehidupan ini. Sifat sombong manusia menyebabkan orang merasa bahwa orang lain tidak pantas mendapat/mempunyai kelebihan, merasa dirinya lebih baik dan lebih pantas.

Sifat sombong bisa berakibat negatif juga misalnya terjadinya fitnah, umpatan yang keji, bicara kasar, menyebarkan gosip yang tidak benar hanya untuk menjatuhkan orang yang dibencinya karena mempunyai kelebihan. Jadi lebih baik kita menjauhkan sifat ini dari hati kita yang paling dalam.

Bersaing tidak sehat

Bersaing yang sehat itu harusnya bagaimana? Persaingan yang sehat sangat dianjurkan dalam Islam dan juga agama lain itu pasti. Dengan cara menggali sumber yang ada pada diri untuk mencapai tujuan yang berkah, halal dan damai hasil akhirnya. Apa yang harus diperhatikan dalam suatu persaingan yang sehat itu? akhlak, nilai syariat agama, aqidah harus diperhatikan juga. Persaingan yang tidak sehat disebut juga ''main kotor'' tapi apapun hasilnya pasti tidak akan memberikan berkah.

Yang penting sudah berusaha, kadang Allah juga yang menentukan. Walaupun sudah berusaha tapi kadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Kalau dapat ya bersyukur, kalau tidak bersabarlah. Kalau dalam hati manusia ada sifat sabar dan syukur pasti hati akan tenang.

Jangan hanya karena persaingan yang tidak sehat akan menimbulkan rasa kecewa, marah apalagi sampai dendam. Jadi lebih baik instropeksi diri saja tentang hasil usaha kita, sudah maksimum kah? gitu hehehe...So sekian dulu entri kali ini, kalau ada kekurangan atau tambahan silahkan tuliskan di komen saja, salam. Sifat Sifat Tercela.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

©2016-Blog Personal Loveheaven07 Design oleh Ananda Jogja