Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Teh Bunga Krisan Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Bunga Krisan Untuk Kesehatan

Teh bunga kekwa atau bunga krisan/chrysanthemum tea adalah teh herbal terapi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terbuat dari bunga krisan/bunga kekwa (Chrysanthemum morifolii) juga dikenal sebagai Ju Hua dalam istilah bahasa cina, yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina selama berabad-abad.

Manfaat Teh Bunga Krisan Untuk Kesehatan

Cara membuatnya adalah sama seperti membuat teh biasa, ditaruh teko dan disedu dengan air panas kemudian bisa ditambah dengan gula batu. Teh  bunga krisan yang sudah dingin atau diklasifikasikan sebagai ramuan yang dingin, itu adalah lebih baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat membantu dalam pemulihan timbulnya jerawat. Di Asia Timur teh herbal bunga krisan ini dikenal juga sebagai obat herba yang sangat bagus manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan.

Manfaat Teh Bunga Krisan Untuk Kesehatan
    Manfaat Teh Bunga Krisan Untuk Kesehatan 
  • Dalam pengobatan herbal ala orang barat, teh bunga krisan diminum dan digunakan sebagai kompres untuk mengobati gangguan peredaran darah seperti varises.
  • Di antara banyak manfaat bagi kesehatan, teh bunga krisan dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan ketika teh diambil bersama dan bercampur dengan makanan.
  • Sifat-sifat penyembuhan dari teh bunga krisan juga dapat membantu dalam pencernakan, pusing kepala, migrain dan sakit kepala.
  • Seiring dengan itu dengan minum teh bunga krisan juga dapat membantu mengurangi sesak nafas dan juga dapat memperkuat paru-paru anda.
  • Dalam teh bunga krisan juga terdapat kandungan antivirus dan antispirochete (bakteri yang ditemukan pada penyakit seperti sifilis dan penyakit Lyme) yaitu kualitas yang dapat membantu dalam menyembuhkan tekanan darah, penyakit jantung koroner, kolesterol tinggi, kolik jantung dan arteriosklerosis.
  • Berdasarkan penyelidikan dari ahli kedehatan juga bahwa teh bunga krisan dapat membantu dalam mengurangi peradangan hati secara bertahap.
  • Selanjutnya, efek pendinginan dari teh bunga krisan ini juga dapat mengobati panas akibat cuaca yang panas seperti demam, flu dan sakit tenggorokan.
  • Selain itu dengan minum teh bunga krisan dapat memperbaiki penglihatan yang kabur dan juga dapat mengurangi kemerahan, kekeringan dan gatal pada mata bila dikonsumsi/diamalkan secara langsung  dan rutin. Penggunaan reguler teh herbal ini juga dipercaya bisa menjadikan tubuh energik, visi yang lebih baik, pendengaran yang lebih baik, bagus untuk fungsi otak dan menjadikan umur panjang.

Manfaat Teh Bunga Krisan Untuk Kesehatan

Ciri-ciri teh bunga krisan/teh bunga kekwa/chrysanthemum tea

Setelah teh disiapkan, minuman ini akan terlihat transparan dan rentang warna dari pucat ke kuning cerah. Teh bunga krisan ini juga memiliki aroma yang sangat segar dengan haruman aroma bunga yang wangi alami dan rasanya yang manis.

Meskipun biasanya disiapkan di rumah tapi ini teh herbal bunga krisan ini juga bisa ditemukan di toko-toko Asia, restoran dan outlet obat karena nilai kandungan obatnya yang bagus. Juga bisa disajikan dalam berbagai bentuk teh misalnya bentuk kaleng dan kotak atau bunga kering yang bisa diramu/dibuat sendiri seperti membuat teh biasa.

Sumber: The Daily Herald